booking.com

jiwasraya

Pentingnya Kalsium

Pentingnya Kalsium

Kalsium ternyata merupakan satu mineral yang sangat penting bagi hidup kita. Kalsium tak hanya berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi tetapi pada hampir seluruh proses kerja tubuh kita.



Kalsium berperan dalam :
1.Pertumbuhan tulang dan gigi
2.Neuro transmitter / zat penyambung syaraf-syaraf otak kita.
3.Kontraksi otot / kinerja otot tubuh, seperti otot jantung, otot perut, dan otot organ gerak kita.
4.Pertumbuhan janin
5.Kesuburan serta proses pembuahan, dan lain-lain
6.Menurunkan risiko penyakit Diabetes Melitus (DM). Berdasarkan studi dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, kalsium bersama dengan Vitamin D ternyata mampu meningkatkan sensitifitas hormon insulin. Hormon insulin adalah hormon yang bertanggung jawab dalam metabolisme gula darah (untuk dikonfersi menjadi energi). Semakin sensitif insulin, semakin efektif hormon ini dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini berarti semakin menekan risiko terkena penyakit Diabetes Melitus.
Studi tersebut menyatakan bahwa orang yang rajin mengkonsumsi susu (yang kaya mineral kalsium) sebanyak 3-5 porsi/hari terbukti mempunyai risiko lebih rendah hingga 15% untuk terkena DM.


Sebanyak 99 % kalsium pada tubuh kita terdapat dalam tulang, gigi, dan jaringan keras lain. Sisanya 1 % terdapat dalam darah yang berperan dalam segala proses kerja tubuh kita.
Para ahli telah meneliti bahwa tubuh kita memerlukan ± 1.000 mg Kalsium / hari. Sedangkan pola makan orang Indonesia setiap kali makan hanya terpenuhi ± 350 mg kalsium / hari.
Tidak heran jika pada akhirnya banyak orang yang terkena penyakit akibat kekurangan kalsium (calcium deficiency)


> Penyakit-penyakit akibat kekurangan kalsium

image source:static.squarespace.com

 
hackindo